15 Mei 2013

Widgets

Cara meningkatkan VRAM Intel HD 3000

     Banyak orang mencari cara untuk meningkatkan vram laptop mereka, tapi mereka tidak menemukan caranya. Tapi tenang kali ini saya akan memberitahu sobat cara meningkatkan VRAM Intel HD 3000.
     
    Untuk menentukan berapa banyak memori yang digunakan pada VRAM, anda harus mengaturnya dari BIOS. Tapi masalahnya BIOS menyembunyikan menu chipsetnya. Jangan kuatir sobat masih bisa mengubah menu BIOS dengan menggunakan software American Megatrends BIOS Configuration Program (AMIBCP) . Baik lah kita mulai cara-caranya

            1. Download file BIOS kamu dari Official Website laptopmu

            2. Edit file BIOS yang telah di download dengan AMIBCP


Klik File - Open atau Ctrl+O, kemudian cari file BIOS yang tadi baru di download dan buka. Untuk menambah VRAM kita harus mengedit pada DVMT Pre-Allocated, ubah 512 Mb untuk Failsafe dan 512 untuk Optimal (untuk jumlah memori terserah sobat). kemudian klik save untuk menyimpan pengaturannya.

lebih jelasnya lihat gambar dibawah

AMIBCP dapat di download disini

              3. Flash BIOS dengan software flash BIOS. Disini saya menggunakan Winflash. 


  • Silakan tutup semua program lain sebelum proses. Anda dapat menonaktifkan Anti-Virus   program anda sementara jika diperlukan.
  • Tekan flash untuk menginisialisasi prosedur update BIOS update. 
  • Tunggu sampai ada pesan updating is successful. 
  • Tekan exit dan sistem akan otomatis shutdown


Nyalakan lagi komputer sobat dan TARAA ! VRAM sobat telah berubah menjadi 512 Mb



HARAP DIBACA !
Cara ini telah di coba pada laptop ASUS A43E dan berhasil dengan baik. Dan jika terjadi hal yang tidak di inginkan bukan tanggung jawab saya. Tapi saya akan berusaha mencari solusinya. Terima kasih atas perhatiannya.

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

81 komentar:

  1. numpang tanya gan untuk step 1 itu gmn caranya gan ane masih gak ngerti cara Download file BIOS dari Official Website laptop,mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk step 1 yang download BIOS dari official Website Laptop itu agan masuk ke website offical laptop agan. di situ biasanya sudah disediakan BIOS yang cocok untuk laptop agan.
      misalnya kalo laptop asus agan bisa masuk ke support.asus.com

      Hapus
  2. kalo untuk laptop dell gimana ya gan caranya,mohon bantuannya gan ,lagi butuh banget soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda masuk ke http://www.dell.com/support/home/us/en/19/?~ck=mn . di product category pilih gambar laptop,kemudian agan pilih sesuai model laptop agan. Kalau sudah agan klik tab berwarna biru yang bertuliskan Drivers & Downloads. Disitulah agan bisa download BIOS untuk laptop agan.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. ok ,gan itu kalo udah di instal bios yang di download itu masuk mana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ternyata setelah ane lihat biosnya ternyata tidak support dengan aplikasi Edit BIOSnya jadi cara ini tidak di anjurkan untuk laptop Dell. Tapi mungkin agan bisa nyari aplikasi yang mirip dengan Aplikasi AMIBCP.Tapi kalau boleh tau laptop agan apa ya ? mungkin ane bisa bantu cari caranya.

      Hapus
    2. Mungkin agan bisa memakai cara yang ini http://fahmisetyob.blogspot.com/2013/06/cara-menambah-vram-intel-hd-graphics.html

      Hapus
  4. gan laptop ane dell inspiron n5050
    Intel HD graphics 3000
    procesor :intel(R) Core(TM) i#-2350M CPU @ 2.30GHz
    ram : 8.00 gb (3,41usable)
    windows 8
    tolong carikan ya gan please,aku nyari ga ketemu2..
    nich email aq- poedtra.cas@gmail.com
    makasih sebelumnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin agan bisa memakai cara yang ini http://fahmisetyob.blogspot.com/2013/06/cara-menambah-vram-intel-hd-graphics.html

      Hapus
  5. Kalau muncul "warning : The BIOS is older than the current version" di aplikasi winflashny,, trus gak bisa di tekan flash ..
    itu gmana gan..?
    apa ada cra lain untuk flash biosny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah tidak bisa menekan flash pada WinFlash. Agan bisa menggunakan cara ini http://fahmisetyob.blogspot.com/2013/06/cara-downgrade-bios-pada-laptop-asus.html

      Hapus
  6. bios nya udah di download tapi ko nggak bisa di edit pake software yang agan maksud? mohon arahanya

    BalasHapus
  7. Toshiba Satellite C660
    Processor : Intel(R) Core (TM) CPU @ 2.1Ghz
    RAM : 2GB DDR3
    VGA : Intel HD Graphics 3000

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba agan pakai cara yang ini http://fahmisetyob.blogspot.com/2013/06/cara-menambah-vram-intel-hd-graphics.html disitu agan langsung mengedit BIOS yang sudah terinstal, jadi sobat tidak perlu menggunakan software.

      Hapus
  8. Gan apakah bisa untuk asus a45a..??
    Bales

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba aja dulu sob, kalau gak bisa pakai cara yang satunya http://fahmisetyob.blogspot.com/2013/06/cara-menambah-vram-intel-hd-graphics.html

      Hapus
  9. saya dari malaysia.bisa ga upload link dalam mediafire.pake indowebster ga bisa di malaysia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nih sob linknya http://www.mediafire.com/download/s2xk3itbbzduouo/AMIBCP_4.53.rar

      Hapus
  10. gan BIOS saya ga sama kyak yang di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba agan pakai cara yang ini http://fahmisetyob.blogspot.com/2013/06/cara-menambah-vram-intel-hd-graphics.html

      Hapus
  11. gan, laptop ane Sony VAIO SVE1511RFXB. ane udah nemu BIOSnya, ver. R0200E5. tapi pas ane klik R0200E5.rom malah keluar tulisan 'Setup Informtion not found'. solusinya gimana gan? makasih

    BalasHapus
  12. Gan, kalau laptop saya HP download file BIOS dimana??

    BalasHapus
  13. gan laptop ane toshiba satelite c840, download biosnya dimana?

    BalasHapus
  14. bro kalo RAM 2 gb maximal vramnya berapa..?

    BalasHapus
  15. gan kalo laptop saya samsung gmna gan
    cepat balasnya ya

    BalasHapus
  16. gan laptop saya asus a43e windows7 profesional
    saya udah ikutin semua langkah agan.. dan akhir setting restart laptop
    pas restart berlangsung sama sekali gk bisa masuk windows gan..
    vram saya dari 64mb saya rubah jadi 300++ ane lupa
    ram saya 2giga
    tolong solusi dan pencerahannya gan.. >,<!!!
    intel hd graphics 3000

    BalasHapus
  17. Gan, tolong carikan file Bios lepi ane donk
    Acer Aspire E1 -471
    Intel Core i3 2328M
    Intel HD Graphics 3000
    please donk gan...
    kirim ke email ane dong klw gk ke fb
    email : dony.kaka@ovi.com
    Facebook : https://www.facebook.com/ferlyanitasari?ref=tn_tnmn
    Mohon bantuannya Gan

    BalasHapus
  18. Jika VRAM di edit gni Hanya tampilannya aja atau juga ngefek ke VRAMnya gan?

    BalasHapus
  19. mau tnya gan d step 3..
    tombol Flash nya gak bsa dklik ni gan..???gmn??

    pada saat run win flashny "this program will update the BIOS. BIOS updating is potentially risky, so only update your BIOS unless it is absolutely neccessary. before updating the BIOS release informastion provided on the download site"

    BalasHapus
  20. jangan maen maen dengan FLASH BIOS !!! kalo salah edit atau ga cocok, yang ad laptop ente bakalan koit ga bisa nyala!

    BalasHapus
  21. kalo dah di upgrade gemana ? padahal langkah yg buka bios AMIBCP belum di jalankan ???

    BalasHapus
  22. gan kalo di laptop fujitsu bisa kgk gan

    BalasHapus
  23. Gan Klo buat Laptop toshiba satelite c840 series support ga make cara ini ? mohon pncerahannya gan

    BalasHapus
  24. maaf agan-agan ane baru bisa bales. Untuk selain laptop asus (intel hd 3000) ane belum nemu caranya. maaf gan sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan mohon d upload donk win flashny...
      ane nyari kmana2 kgak dpet2 ni

      Hapus
  25. Gan ane udh instal bios tapi lupa di setting trus gmna donk gan ksh maukn gan

    BalasHapus
  26. gan ane dah update bios terbaru di laptop toshiba satellite l645 tp pas mau lanjut ke step 2 kok file bios yg baru di update gak bisa di buka ya? klo boleh tau file bios'y yg mana & extention apa?
    mohon di jawab gak dan berikan pencerahannya :)
    thanks before..

    BalasHapus
  27. gan fileny AMIBCny kok kgak bsa d dwload knpa ya??

    BalasHapus
  28. kok gak bisa di edit di amibcp sih gan?

    BalasHapus
  29. untuk acer 756 kok biosnya formatnya exe? padahal udh download di situs acer.co.id. terus gimana mau ngeditnya dengan amibcp?

    BalasHapus
  30. gan... request laa...
    bingung nyari file BIOS HP pavilion g4
    graphics sayaa intel hd graphic 3000
    oiyaa... itu extensi file biosnyaa apaa?

    BalasHapus
  31. ngapain ribed2 gan.. graphics properties>> power >> maximum performance (pilih plugged in atau on battery). nanti klo game berat otomatis keluar turbo nya gan.. skalian klik start anvanced system setting>>visual effect>>adjust best performance.. dijamin kaga ngelag pes 2014, ane pake core i3 2350m..

    BalasHapus
  32. gan ngedit vga dari amibcp gimana ya?

    BalasHapus
  33. Thx gan Ane udah berhasil upgrade.
    Tapi semenjak itu performance laptop ane jadi down. Sering banget software not responding.
    Apakah upgrade bios juga ngaruh sama RAM..? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan ane ngerti mksud agan.. Ane bkn admin/owner blog ini.. Ane cuma visitor aja.. Benet gan.. Emang sbagiab besar Vram/cadangannya itu ambil dr memory RAM jadi RAM agan jg hrus besar n disesuaikan jg

      Hapus
  34. saya udah ikut semua pentunjuknya,, yg jd masalah win flashnya tidak bisa diinstal,, mohon solusinya gan..

    BalasHapus
  35. bro Laptop ane samsung ativ book2 dgn spek
    Processor intel cleron 1,5Ghz
    RAM : 4 GB
    VGA : 1,5 GB intel HD graphic
    ane mau tanya,VRAM ane pas dicek knp cmn 0B ya? cara nambahnya gmn? di BIOS ane ga ada pengaturan tambah VRAM (Phoenix BIOS) cara nambahnya gmn ya?

    BalasHapus
  36. gan kalo BIOS THOSIBA satelite L740 d download d mna yahh tolong arahannya gan

    BalasHapus
  37. Ini bukannya utk overclock ya??

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. gan kalo laptop advan soulmate official nya apa

    BalasHapus
  40. Gan, kok file bios yg ada di website acer nya 3mb an sih?
    Laptop gua acer aspire e1 -471g

    BalasHapus
  41. Gan mau nanya, saya download dan instal intel hd 4000 emulator sy jadi lambat sekali, padahal dulu lancar, gimana cara benerinnya ya?

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. ko di asus x200ma gkbisa

    BalasHapus
  44. kalo di dell bios nya dikasih installer gitu bentuknya .exe gimana tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. senasib gan.. :(

      http://gudangtips-pc.blogspot.co.id/

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  45. mas fahmy, baterai ane rusak, pas mau buka winflash ada notif kalo baterai harus 20% lebih dan keadaan pluged in, ane gak bisa buka winflash, ada solusi kah mas?

    BalasHapus
  46. gan klo untuk leptop asus K45A link x apa ya

    BalasHapus
  47. cara ini hanya untuk bios megatrend doang kah? atau umtuk semua jenis bios

    BalasHapus
  48. yg ram 2gb mending urungkan niat....!

    BalasHapus
  49. gan kok ane pas buka AMIBCPnya terus buka file BIOSnya kok ada tulisan "setup information not found" Gan gimana ngatasinya? laptop ane ACER ASPIRE 4752

    BalasHapus
  50. Buat semua setelah dicoba cuma work ASUS !!!!!

    BalasHapus
  51. BIOS dari vendor laptop saya format exe tuh gan, gimana ngeditnya gan?

    BalasHapus
  52. gan mau nanya step no 2 kan ane udh instal tuh AMIBCP pas mau di arahin ke file bios itu gk bisa muncul"Could open the file" itu gimana ya gan thx sebelumnya

    BalasHapus
  53. gann cara cari biosnya di AMIBPC gmn saya gak ketemu

    BalasHapus
  54. saya sudah di www.asus.com tapi download nya gimana ya ?

    BalasHapus
  55. Gan ko saya tidak ada chipsetnya

    BalasHapus
  56. mas saya sudah masuk ke website nya laptop saya disana gk ada bios buat tipe laptop saya kira kira saya langsung download AMIBCP nya gmna ?? bisa gk ??

    BalasHapus
  57. Agan minta bantuan nya laptop saya intel hd grafik 5500 intel core i3 vram hanya 128 mb apa bisa dinaikan lagi menjadi 512 ? Caranya download file bios nya gimana minta pencerahan

    BalasHapus
  58. boleh minta software flash bios untuk laptop HP intel HD 4000?

    BalasHapus
  59. gan file bios ane gk formatnya exe semua jadi gk ketemu kalo di open pake software AMIBCP... gmmna tu gan

    BalasHapus
  60. sudah nemu cara ngatasinnya belum gan.saya juga begitu masalahnya

    BalasHapus